PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 GORONTALO UTARA

Authors

  • Sarwin Abdullah PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Niny Makaliwe PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Steven Mamanua PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8152

Keywords:

Google Classroom Application, Learning Results

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian Tindakan ini yaitu untuk mengetahui hubungan penggunaan aplikasi google classroom untuk meningkatkan hasil belajar. 

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pembelajaran daring yaitu dengan penggunaan aplikasi google classroom. Sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Maka ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara

Kata Kunci : Aplikasi Google Classroom, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

The aim of this action research is to determine the relationship between using the Google Classroom application to improve learning outcomes.

The research results can be concluded that there is a positive influence on online learning, namely by using the Google Classroom application. So it can have an effect on improving student learning outcomes. So the conclusion is drawn that the use of media using the Google Classroom application can improve the learning outcomes of students in class X Social Sciences Class X IPS 2 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara

Keywords: Google Classroom Application, Learning Results

 

Author Biography

Sarwin Abdullah, PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

ok

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ayuningsih, Franciska. 2020. “Strategi Meningkatkan Hasil BelajarSelamaPandemiDenganAplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha dan Energi.†JurnalKaryaIlmiah Guru Vol. 5, No.1 EdisiKhusus KBM PandemiCOVID-19

Darmawan, Yuda.2019 “PenggunaanAplikasi Google Classroom DalamUpayaMeningkatkan Hasil

BelajarMatematika Pada Siswa KelasX SMA Jurusan IPS†Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Mustakim. 2020. “EfektivitasPembelajaran Daring Menggunakan Media Online SelamaPandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematikaâ€.Al asma: Journal of Islamic Education ISSN 2715-2812 (Online) Vol. 2, No. 1, May 2020

Suharsimi, Arikunto. 2009. PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/04/12-pengertian-penelitian-tindakan-kelas-menurut-para-ahli.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Abdullah, S. ., Makaliwe, N., & Mamanua, S. (2025). PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 GORONTALO UTARA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 254–262. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8152