PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDISTRIBUSIAN KEMBALI (REDISTRIBUSI) PENDAPATAN NASIONAL MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 7 SATAP MALANGKE TAHUN PELAJARAN 2022

Authors

  • Moh. Amlan Hatta Kabe PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Noula Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8162

Keywords:

Learning Outcomes, Problem Based Learning

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional denga  menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Satap Malangkeâ€Â.Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning padapeserta didik KelasVIII UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke.Metode yang digunakan padapenelitianini adalah PenelitianTindakan(actionResearch) yang terdiri dari 2(dua)siklus,dan setiap siklus terdiri dari:Perencanaan,Pelaksanaan, Pengamatan,dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Problem Based Learnin dapat Meningkatkan HasilBelajar Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional pada peserta didik KelasVIII UPT SMP Negei 7 Satap Malangke.Selanjutnya peneliti merekomendasikan:(1)  BagiGuru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar.(2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka di harapkan guru lebih membuat model Pembelajaran PBL yang lebih menarik dan bervariasi.

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Problem Based Learning

 

 

ABSTRACT

This research is entitled: "Improving Learning Outcomes in National Income Redistribution Material by using Problem Based Learning for Class VIII students at UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke". The aim of this research is to Improve Learning Outcomes in Income Redistribution Material. National Using Problem Based Learning for students in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke. The method used in this research is Action Research which consists of 2 (two) cycles, and each cycle consists of: Planning, Implementation, Observation and reflection. Based on The results of action research show that problem based learning can improve learning outcomes. Materials for Redistribution of National Income for students in Class VIII UPT SMP Negei 7 Satap Malangke. Furthermore, the researcher recommends: (1) For teachers who experience the same difficulties, they can apply the Problem Based Learning model. to improve learning outcomes. (2) In order to get maximum results, teachers are expected to create more interesting and varied PBL learning models.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning

References

Ahmadi,Abu.1997.StrategiBelajar Mengajar.Bandung:PustakaSetia

Arikunto,Suharsimi.2012.Dasar-DasarEvaluasiPendidikan. Jakarta:BumiAksara

Depdiknas.2003.UURINo.20Tahun2003tentangsystemPendidikanNasionalJakarta: Depdiknas

--------------.2004.StandarKompetensiGuruSekolahDasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005.PPNo.19Tahun2005tentangStandarNasionalPendidikan.

Jakarta: Depdiknas

-------------.2007.PermendiknasRI No. 41Tahun2007tentangStandarProses.

Jakarta: Depdiknas

-------------.1999.PedomanPenyusunanKaryaTulis IlmiahdiBidang

Pendidikan.Jakarta: Depdikbud

Ibrahim,M.2005.PembelajaranKooperatif.UNESA:UniversityPress. Kemdiknas.2011.MembimbingGurudalamPenelitianTindakanKelas.Jakarta:

Kemdiknas

-------------.2011.PaikemPembelajaranAktifInovatif

KreatifEfektifdanMenyenangkan.Jakarta:Kemdiknas

Ngalim,Purwanto. 2008. AdministrasidanSupervisiPendidikan.Bandung:PTRemajaRosdaKarya

Ngalim,Purwanto. 2003. Prinsip-prinsipdanTeknikEvaluasiPengajaran.

Bandung:PTRemajaRosdaKarya

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Kabe, M. A. H. ., Wuisang, J., & Korengkeng, N. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDISTRIBUSIAN KEMBALI (REDISTRIBUSI) PENDAPATAN NASIONAL MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 7 SATAP MALANGKE TAHUN PELAJARAN 2022. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 128–134. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8162