PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 62 MALUKU TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Nurfin Sangadji PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Linda Rumbayan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Gilly Tiwow UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8164

Keywords:

Social Studies, Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang dilengkapi dengan tabel frekuensi dan persentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan tes hasil belajar) dan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IX SMPN 4 Tolitoli, yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 67,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 79.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; IPS

 

 

 

 

ABSTRACT

This research is a class action research (PTK). The problem in this study is: "Whether the application of the Problem Based Learning learning model can improve the social studies learning outcomes of grade IX students of SMPN 4 Tolitoli in the 2022/2023 academic year. Data collection techniques were carried out by means of observation and final tests. While the data analysis technique used is descriptive statistics equipped with frequency tables and percentages. This study aims to improve the learning outcomes of social studies students in grade IX SMPN 4 Tolitoli. Research activities were carried out in two cycles, each cycle carried out four meetings (three meetings of teaching and learning process and one meeting of learning outcomes test) and through four stages namely planning, implementation of action, observation, reflection. Based on the results of the research and the entire discussion and analysis that has been done, it can be concluded that the application of Problem Based Learning Model can improve the learning outcomes of social studies students of Class IX SMPN 4 Tolitoli, which is characterized by an increase in the average score of students in cycle I which is 67.5 and in cycle II increased to 79.

Keywords: Learning Outcomes; Problem Based Learning; Social Studies

References

Admin. 2002. Projek DIE – like UI 2002 tentang Problem Based Learning.

Diakses melalui https://scele.ui.ac.id. Pada tanggal 23 Agustus 2017. Admin, (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang. System Pendidikan Nasional.

Diakses melalui https://kemenag.go.id. Pada tanggal 23 Agustus 2017.

Admin. 2015. Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index (EDI). Diakses melalui www.kemenkopmk.go.id. Pada tanggal 25Agustus 2017.

Amir, M. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: Rmaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Cahyo, A, N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyatidan, Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta:

Ghalia Indonesia.

Hamdu dan Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behaviouristik sampai Kontrivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Lestari, Nyoman Sri. Pengaruh model pembelajran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi peserta didik IPA disekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan kelas VII SMP. http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_tp/article/view/297/91. Hal 15.

Mustaji dan Arthana. 2005. Evaluasi Media Pembelajaran. Unesa Univercity Press.

Maggie Savin dan Claire. 2004. Foundation Of Problem Based Learning. New York: Great Britain.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Sangadji, N. ., Wuisang, J., Rumbayan, L., & Tiwow, G. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 62 MALUKU TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 145–152. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8164