MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 HALMAHERA TIMUR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KRATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK

Authors

  • . Gusnan PPG Universitas Negeri Manado
  • Jetty D. Lempas PPG Universitas Negeri Manado
  • Niny Makaliwe PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8120

Keywords:

Think-Pair-Share cooperative learning model, learning outcomes, impact of pollution on human health and the environment

Abstract

     ABSTRAK

          Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Asisten Keperawatan  SMK Negeri 2 Halmahera Timur pada mata pelajaran Pruduk Kreatif dan Kewirausahaan? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Halmahera Timur pada siswa kelas XI Asisten Keperawatan yang terdiri dari 12 orang siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran model Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pruduk Kreatif dan kewirauasahaan Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data difokuskan melalui observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 10 orang (80%) sedangkan hasil pada siklus II 12 orang yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (100%). Ini membuktikan bahwa pembelajarn kooperatif model think – pair – share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share, hasil belajar, dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

 

 

 

                  ABSTRACT

The problem in this research is whether cooperative learning with the Think-Pair-Share model can improve the learning outcomes of class XI Nursing Assistant students at SMK Negeri 2 East Halmahera in the subjects of Creative Products and Entrepreneurship? This research was carried out at SMK Negeri 2 East Halmahera on class XI Nursing Assistant students consisting of 12 students. The aim to be achieved in this research is to describe the Think-Pair-Share learning model in improving student learning outcomes in Creative Product and Entrepreneurship subjects. This research procedure consists of two cycles. Data collection techniques are focused on observing teachers and students. The results of the research showed that in cycle I the number of students who completed it was 10 people (80%) while the results in cycle II were 12 people who had reached the minimum completeness criteria (100%). This proves that cooperative learning with the think – pair – share model can improve student learning outcomes.

Keywords: Think-Pair-Share cooperative learning model, learning outcomes, impact of pollution on human health and the environment.

References

Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arends. 1997. Introduction to Psychology.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djaeng, Maxinus. 2007. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Palu: FKIP Universitas Tadulako, Palu.

Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Idayu Ria Pramudyanti, S.Si. Ilmu Pengetahuan Alam SMK 2b. Klaten Selatan

Ibrahim. 2000. Model Think- Pair-Share (TPS). Jakarta: PT.Rineka cipta.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Gusnan, ., Lempas, J. D., & Makaliwe, N. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 HALMAHERA TIMUR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KRATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 114–121. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8120