PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB MATERI KETENAGAKERJAAN PADA KELAS X I IPS SMA NEGERI 1 AIRMADIDI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Yetty Takaonselang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Silfana Oroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Johny Taroreh UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jetty D. Lempas UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8715

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Banyak model pembelajaran diterapkan di sekolah-sekolah untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan kualitas diri siswa. Model pembelajaran Kurikulum 2013 yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya adalah discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning pada sub materi inti masalah ekonomi/kelangkaan. Problem based learning (PBL) memiliki ciri-ciri seperti pembelajaran dimulai dengan pemberian masalah, masalah memiliki konteks dengan dunia nyata, siswa secara berkelompok aktif merumuskan masalah dan mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan mereka, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan melaporkan solusi dari masalah, sementara pendidik lebih banyak memfasilitasi. PBL terdiri atas lima fase, yaitu mengorientasikan peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan artifak (hasil karya) dan memamerkannya, dan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

Kata Kunci :  Problem Based Learning, Hasil Belajar

 

 

 

ABSTRACT

Many learning models are applied in schools to overcome boredom and improve students' self-quality. The 2013 Curriculum learning models which have names, characteristics, syntax, settings and culture are discovery learning, project-based learning, problem-based learning and inquiry learning. This article aims to find out how to apply the problem based learning model to the core sub-material of economic problems/scarcity. Problem based learning (PBL) has characteristics such as learning begins with giving a problem, the problem has a context with the real world, students in groups actively formulate the problem and identify gaps in their knowledge, study and search for material related to the problem themselves and report solutions to the problem , while educators do more to facilitate. PBL consists of five phases, namely orienting students to the problem, organizing students to learn, assisting independent and group investigations, developing and presenting artifacts (work results) and exhibiting them, and analyzing and evaluating the problem solving process.

Keywords: Problem Based Learning, Learning Outcomes

 

References

A’la, Miftahul. 2012. Quantum Teaching. Jogjakarta: Diva press Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Astika, I. Kd. Urip, I. K. Suma dan I. W. Suastra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 3 Tahun 2013). http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/ jurnal_ipa/article/view/851/606 . diakses pada 6 April 2020

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. http://jurnal.upi.edu/file/8- Fachrurazi.pdf diakses pada 4 April 2020

Hamiyah, Nur dan Muhamad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta

Maufur, Hasan Fauzi. 2009. Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT Sindur Press Merdeka, (2020) Di daerah ini, harga elpiji 3 Kg tembus Rp 40.000/tabung. Diakses dari http://www.merdeka.com/uang/di-daerah-ini-harga-elpiji-3-kg-tembus-rp40000tabung.html pada tanggal 19April 2020 Peraturan Pemerintah No 59 Tahun 2014 RRI, (2020) Stok LPG 3kg Langka di Bangkalan. Diakses dari http://www.rri.co.id/post/berita/144573/ekonomi/stok_lpg_3_kg_langka_di_ban gkalan.html pada tanggal 19April 2020

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sari, Nur Fatimah dan Nasikh. 2009. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Teknik Peta Konsep dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X6 MAN 2 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2006-2007. JPE-Volume 2, Nomor1,2009. http://fe.um.ac.id/wpcontent/uploads/2010/03/Nur-Fatimah-Edit.pdf . diakses pada 4 April 2020

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Takaonselang, . . Y. ., Oroh, S., Taroreh, J., & Lempas, J. D. (2025). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB MATERI KETENAGAKERJAAN PADA KELAS X I IPS SMA NEGERI 1 AIRMADIDI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 266–272. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8715