Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pada Loyalitas Pelanggan Pada Nasabah Perbankan di Kabupaten Minahasa Selatan

Authors

  • Natalia Priska Kereh Universitas Negeri Manado
  • Ramon Tumiwa Universitas Negeri Manado
  • Aditya Pandowo Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v1i1.476

Keywords:

kualitas pelayanan; kepuasan; loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas Pada perbankan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah yang ada pada perbankan di Minahasa Selatan. Jadi dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 75 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner yang telah dikali uji validitas dan reabilitasnya, observasi langsung dan wawancara. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas (kualitas pelayanan dan kepuasan) terhadap variabel terikat (loyalitas) memiliki kontribusi sebesar 64,1% sedangkan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Ini menunjukan bahwa variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Kereh, N. P., Tumiwa, R., & Pandowo, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pada Loyalitas Pelanggan Pada Nasabah Perbankan di Kabupaten Minahasa Selatan. Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 46-56. https://doi.org/10.53682/mk.v1i1.476