PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 PASSI

Authors

  • Ni Made Kuswindayani Universitas Negeri Manado
  • Jeane M Mangangantung Universitas Negeri Manado
  • Hetty J Tumurang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Disccovery Learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Passi dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 PASSI yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu hanya mencapai 69,21% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 87,36%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi perpindahan kalor di kelas V SDN 1 Passi

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Kuswindayani , N. M. ., Mangangantung, J. M., & Tumurang , H. J. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 PASSI. Bloom Journal, 1(1), 110-118. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/9015

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)