PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 PASSI
Keywords:
Model Pembelajaran Disccovery Learning, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Passi dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 PASSI yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu hanya mencapai 69,21% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 87,36%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi perpindahan kalor di kelas V SDN 1 Passi
