PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN 2 SINSINGON
Keywords:
Model Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas IV SDN 2 Sinsingon melalui model Discovery Larning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Sinsingon. Dengan jumlah siswa adalah 13 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu 68,07% dan siklus II mencapai 91,53%. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 2 Sinsingon sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. keberhasil dalam penelitian ini tidak terlepas dari usaha guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu Discovery Learning. Dengan demikian dapat dikatakan capaian pada siklus II menggunakan model Discovery Learning telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi “Bagian-Bagian Tumbuhan” pada siswa kelas IV yang sesuai dengan KKM sekolah, sehingga peneliti tidak melanjutkan atau melaksanakan siklus berikutnya

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.