PENGGUNAAN MEDIA PLAY DOUGH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Main Article Content
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian karena kreativitas anak kelompok B di TK GMIM Josep Kam Kamenti Kapataran Satu masih rendah.Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas anak melalui penggunaan media playdough. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dilaksanakan dua kali siklus dengan langkah-langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak TK GMIM Josep Kam Kamenti Kapataran Satu yang berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan serta analisa data menggunakan teknik penilaian di TK. Hasil penelitian menunjukkan siklus I 54,5 % dan siklus II mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan menjadi 100 %. Diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media playdough dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas membuat anak di TK GMIM Joseph Kam Kamenti. Disarankan agar guru TK agar dapat menggunakan media playdough dalam meningkatkan kreativitas anak.