PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS IV SD GMIM MALOLA
Keywords:
Metode demonstrasi, hasil belajar bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD GMIM Malola melalui Metode Demonstrasi Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD GMIM Malola yang berjumlah 21 siswa Metode penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik pengumpulan data melalui: lembar kegiatan siswa tes formatif siklus I dan II Metode demontrasi dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran Bahasa Indonesia apabila hasil penelitian siswa mencapai rata rata kelas 70 persentase tuntas belajar klasikal 70 Hasil penelitian siklus I nilai rata rata kelas mencapai 64 05 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 33 33 Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata rata kelas yakni menjadi 83 80 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 95 23 Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Malola melalui penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Disarankan agar metode demonstrasi dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain guna menigkatkan hasil belajar siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id