PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD ADVENT TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas IV SD Advent Tomohon. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,62% maka dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa di siklus I belum mencapai KKM 80. Kemudian setelah dilanjutkan dengan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 89,25% dan pada siklus II ini hasil belajar siswa dinyatakkan berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 80. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dikatakan berhasil.