PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI DI SD KATOLIK PANGOLOMBIAN

Main Article Content

Fradita Tanderengan
Roos M. S. Tuerah
Risal M. Merentek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian motivasi guru terhadap hasil belajar IPS kelas tinggi di SD Katolik Pangolombian. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan memiliki hubungan yang bersifat kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang yang diambil dari seluruh siswa kelas tinggi di SD Katolik Pangolombian. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket) skala likert. Sedangkan variabel hasil belajar siswa menggunakan teknik dokumentasi, yaitu nilai raport siswa kelas tinggi di semester ganjil 2023/2024.


Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian motivasi guru terhadap hasil belajar IPS siswa kelas tinggi SD Katolik Pangolombian. Dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi R sebesar 0,175 atau 17,5%, yang artinya pemberian motivasi guru memberikan pengaruh sebesar 17,5% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas tinggi SD Katolik Pangolombian. Melalui uji hipotesis regresi sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,015 yang artinya nilai Sig < 0,05, dan berdasarkan nilai t, diperoleh nilai thitung sebesar 2,566 > ttabel 2,039.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>