PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Problem Based Learning di kelas V di SD GMIM Bukit Kasih Giper. Subjek Penelitian ini yakni siswa kelas V SD GMIM Bukit Kasih Giper. Desain penelitian yang digunakan yakni desain Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui : Lembar Kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan siklus II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Model Problem Based Learning dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA dan aktivitas belajar siswa apabila hasil belajar siswa mencapai rata – rata kelas ≥70, presentase tuntas belajar klasikal ≥75%. Hasil penelitian penerapan model Problem Based Learning yang digunakan pada siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 66,67 % dan nilai rata – rata siswa sebesar 75,5, untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata – rata sebesar 88,50. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus I awal penerapan model problem based learning sebesar 72,22 dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas V di SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dapat meningkatkan hasil belajar IPA serta keaktifan belajar siswa.