PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI

Main Article Content

Virna Bombo
Roos M. S. Tuerah
Deddy F. Kumolontang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Problem Based Learning di kelas V di SD GMIM Bukit Kasih Giper. Subjek Penelitian ini yakni siswa kelas V SD GMIM Bukit Kasih Giper. Desain penelitian yang digunakan yakni desain Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui : Lembar Kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan siklus II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Model Problem Based Learning dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA dan aktivitas belajar siswa apabila hasil belajar siswa mencapai rata – rata kelas ≥70, presentase tuntas belajar klasikal ≥75%. Hasil penelitian penerapan model Problem Based Learning  yang digunakan pada siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 66,67 % dan nilai rata – rata siswa sebesar 75,5, untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata – rata sebesar 88,50. Kemudian keaktifan belajar siswa  pada siklus I awal penerapan model problem based learning sebesar 72,22 dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas V di SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dapat meningkatkan hasil belajar IPA serta keaktifan belajar siswa.

Article Details

Section
Articles