PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Arter Songgigilan FEB Pendidikan Ekonomi
  • Sjedie Watung UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Herman Philips Dolonseda UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10170

Keywords:

Keterampilan Mengajar Guru, Model Pembelajaran Hybrid Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Kristen Rurukan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Kristen Rurukan, yaitu berjumlah 55 siswa. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa dengan menggunakan Teknik proposional sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) ada pengaruh keterampilan mengajar terhadap hasil belajar sebesar 33,3%; 2) ada pengaruh model pembelajaran hybrid learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 39,5%; 3) ada pengaruh antara keterampilan mengajar guru dan model pembelajaran hybrid learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 83,3%

References

Dqlab, Admin. 2021. “Pahami Proses dan Macam Metode Analisis Data Kuantitatif”, https://www.dqlab.id/pahami-proses-dan-macam-metode-analisis-data-kuantitatif#:~:text=Metode%20analisis%20data%20kuantitatif%20adalah,dihitung%20menggunakan%20rumus%2Drumus%20statistika

Diadara, Nova. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Hidayat, Anwar. 2012. “Variabel Penelitian Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh”, https://www.statistikian.com/2012/10/variabel-penelitian.html, diakses pada 7 Mei 2022 pukul 13.09.

Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Indra, Noor. 2010. “Pembelajaran Hibrid Sebagai Strategi Model Pembelajaran Masa Depan”, https://media.neliti.com/media/publications/233731-pembelajaran-hibrida-sebagai-strategi-mo-74b73bd5.pdf, diakses pada 15 Mei 2022 pukul 20.16.

Karundeng, A. C., Lempas, J. D., & Mamentu, M. D. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 TONDANO . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 204-212. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9781

Karim, Ridwan. 2021. “Skala Pengukuran Data Dalam Penelitian Disertai Contoh”, https://penerbitbukudeepublish.com/skala-pengukuran-data-dalam-penelitian/

Lolowang, W., Pongoh, S. ., & Ranti, D. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 TOULUAAN SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 345-256. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.4027

Mulyana, Aina. 2022. “PENGERTIAN HASIL BELAJAR SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA”, https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html, diakses pada 5 Mei 2022 pukul 01.07Mas’ud, Megawati. 2018. “Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Murid di SD Negeri Model 4 Taraweang Kabupaten Pangkep”, https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2536-Full_Text.pdf, diakses pada 5 Mei 2022 pukul 01.15.

Riska. 2009. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Wajo”, http://eprints.unm.ac.id/14665/1/JURNAL%20Riska.pdf, diakses pada 5 Mei 2022 pukul 02.30.

Rabudin. 2020. “Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka”, https://www.detikpendidikan.id/2020/12/pengertian-hasil-belajar-menurut-ahli.html, diakses pada 4 Mei 2022 pukul 23.53.

Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148.https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067

Wahyuni, Tri. 2015. “Sertfifikasi Guru Tidak Jamin Peningkatan Mutu”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150611154640-20-59410/sertifikasi-guru-tak-jamin-peningkatan-mutu, diakses pada 2 Mei 2022 pukul 18.09.

Wikielktronika. 2022. “Materi Skala Likert Lengkap dengan Contohnya”, https://wikielektronika.com/skala-likert/2/, diakses pada 9 Mei 2022 pukul 21.44.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Songgigilan, A., Watung, S., Kandori, I., & Dolonseda, H. P. (2024). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 301-308. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10170

Issue

Section

Articles