PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 AIRMADIDI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10995Keywords:
Leadership, Teacher Communication, Student Learning MotivationAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkmunikasi terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan 70 sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah Teknik kuisioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian survey di analisis dengan metode analisis uji normalitas data dan metode analisis linier berganda. Dari uji instrument yang digunakan variabel X1 menggunakan 17 item, X2 menggunakan 14 item dan variabel Y menggunakan 20 item yang dimana semua variabel-variabel valid. Hasil uji hipotesis diperoleh: 1) ada pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi sebesar 45%; 2) ada pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi 36%; 3) dan ada pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi sebesar 59%. Dan sisanya 41% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Komunikasi Guru, Motivasi Belajar Siswa.
ABSTRACK
This study aims to determine the effect of Leadership and Communication Skills on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi. The research method used is a survey method with 70 samples. The techniques used in collecting this data are questionnaire techniques, observation and documentation. The results of the survey research were analyzed using the data normality test analysis method and multiple linear analysis methods. From the instrument test used, variable X1 used 17 items, X2 used 14 items and variable Y used 20 items where all variables were valid. The results of the hypothesis test obtained: 1) there is an influence of Principal Leadership on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi by 45%; 2) there is an influence of Teacher Communication Skills on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi 36%; 3) and there is an influence of Leadership and Teacher Communication Skills on Student Learning Motivation at SMA Negeri 1 Airmadidi by 59%. And the remaining 41% is determined by other variables that are not studied.
Keywords: Leadership, Teacher Communication, Student Learning Motivation.
References
Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asma. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 5 Enrekang. [Online]. Tersedia: grepositori.uinalauddin .ac.id/1877/1/ ASMA. pdf. (18 Desember 2018).
Dame, J., & Dolonseda, H. P. (2022). ANALISIS KEPUASAN KERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA MANADO MELALUI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOHESIVITAS. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 332-354. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5302
Effendy, Onong Uchjana. (2017). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Firmansya, R. ., Ronal Aprianto, & Fitria, F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(4), 479–488. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i4.1020
Iriantara, Yosal. (2014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rakatama Media.
Kandori, I. (2022). IMPLEMENTASI MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN MINAHASA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 410-419. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5721
Kandori, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
May Sarah (2019) Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
Rahmawati, Laela Suci Pebriana (2019) Pengaruh kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MA Darussalam Bermi Babussalam Kecamatan Gerung Tahun Pelajaran 2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Risna, F. U. ., Kandori, I., & Suryaningsih, T. . (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJAOGURU DI SMKN 2 TULUNGAGUNG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 420-428. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3681
Sudrajat, Akhmad. (2013). Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership). [Online]. Tersedia:https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/05/02/kepemimpinanguru-teacher-leadership-2/. (18 Maret 2019).
Sugiyono. (2014) Metode penelitian Kuantitatif akualitatf dan R&D. Bandung: ALFABET.
Sugiyono, Prof. Dr. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih (2011). Landasan Psikologi Proses Pemdidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067
Tambunan, Toman Sony, S.E. M.Si. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yuliana Dewi, Asti (2019) Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Di Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IIS MAN Se-Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Christien A. Bomboa 1 *, Sjeddie R. Watung 2, Agnes Rooroh, Listriyanti Palangda3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.