UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL

Authors

  • Fadly Pesik PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Amelda Sakul PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8698

Keywords:

Cooperative Learning Model

Abstract

ABSTRAK

Penyelenggaraan pendidikan pada hakekatnya memiliki tujuan utama untuk menghasilkan dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Di samping itu pula menghasilkan lulusan dan anak didik yang bisa mengikuti perkembangan zaman.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan motivasi Belajar  Ekonomi Kelas XI IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif, yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tondano pada materi ajar Ekonomi. Hal ini tergambar berdasarkan data hasil belajar siswa berdasarkan hasil ulangan harian I pada siklus I, 30 siswa (76,92%) dinyatakan tuntas dan 9 siswa (32,07%) dinyatakan  tidak  tuntas.  28  orang  siswa  dinyatakan  tuntas  secara  individual  karena  telah mencapai  skor    75%.    Ketuntasan  klasikal  belum  diperoleh  karena  dalam  1  kelas  belum memperoleh skor 85%. Namun berdasarkan hasil ulangan harian siklus  II, seluruh siswa dinyatakan tuntas secara individual maupun secara klasikal, karena telah mencapai skor ≥75% yang berarti siswa telah tuntas secara individu dan ≥85% yang berarti siswa telah tuntas secara klasikal

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif            

 

 

ABSTRACT

The provision of education essentially has the main objective of producing and mastering science, technology and art. Apart from that, it also produces graduates and students who can keep up with the times.

The aim of this research is to increase motivation for learning economics for Class and reflection. The results of the research show that the Cooperative Learning Model for Sending Greetings and Questions Techniques can increase the learning motivation of class XI IPS 1 students at SMA Negeri 1 Tondano on Economics teaching material. This is illustrated based on data on student learning outcomes based on the results of the first daily test in cycle I, 30 students (76.92%) were declared complete and 9 students (32.07%) were declared incomplete. 28 students were declared complete individually because they had achieved a score of 75%. Classical completion has not been achieved because in 1 class a score of 85% has not been achieved. However, based on the results of the daily tests in cycle II, all students were declared complete individually and classically, because they had achieved a score of ≥75%, which means students have completed individually and ≥85%, which means students have completed classically.

Keywords: Learning Motivation, Cooperative Learning Model

 

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono W. 2019. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta

Arikunto, Suharsimi. Dkk., 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Aqib, Zainal. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. untuk Guru. CV. Yrama Widya, Bandung.

Hadis, Abdul. 2019. Psikologi Dalam Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Ibrahim, M. dkk., 2022. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ngalim, Purwanto, M. 2020. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Oemar, Hamalik. 2022. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Rusyan, Tabrani. dkk, 2021. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar Ekonomi. Remaja Karya: Bandung

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Pesik, F. ., Rooroh, A., & Sakul, A. (2025). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 283–294. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8698