EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP GAYA BELAJAR GEN Z

Authors

  • Sahat Renol HS Universitas Negeri Manado
  • Dominikus Rojoki Manullang Universitas Negeri Manado
  • Selvita Eka Eviana Purba FKIP Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12499

Keywords:

Media Pembelajaran Digital, Gaya Belajar Gen-Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas Media pembelajaran digital terhadap Gaya belajar gen-z, pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur (path analysis), dan pengolahan data dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS).
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Manado pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan jumlah populasi sebanyak 480 mahasiswa dari empat jurusan yaitu Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, dan Ilmu Ekonomi. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 218 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket berbentuk kuesioner, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Media pembelajaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Gaya belajar gen-z. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 21.049, yang lebih tinggi dari nilai t-tabel sebesar 1,96, serta p-value sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan hubungan tersebut signifikan secara statistik.

References

Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. Jakarta: BPS.

Ekasani, D., & Kuswinarno, M. (2024). Digital-Native Workforce: Strategi Pengembangan Pengembangan SDM Untuk Generasi Z. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 5(5), 1-8.

Jannah, L. S., Pratiwi, N, & Chanifudin. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Membentuk Etika Online Bagi Generasi Z. Perspektif Agama dan Identitas, 9(6), 77-81.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). Laporan Survei Internet APJII 2024. Jakarta: APJII.

Wijaya, T. T., Ying, Z., & Suan, L. 2020. Gender and Self-regulated Learning During COVID- 19 Pandemicin Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(3), 725-732.

Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász. T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90-106.

Hayati, E. N. 2024. Karakteristik Belajar Generasi Z Dan Implikasinya Terhadap Desain Pembelajaran IPS. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 1-5.

Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z Goes to College. New York: Jossey-Bass.

Wijayanti, A., & Gunawan, Y. B. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Bantuan Media Video Pendek Youtube. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14-24.

Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & Suryanda, A. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital?. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 50-56.

Melanie, D.S. (2018) ‘iGen: Why Today’s Super-connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy-and Completely Unprepared for Adulthood-and What That Means for the Rest of Us by Jean Twenge (review)’, Group, 42(4), pp. 363– 365.

Dwinanto, A., et al. (2024). Teknologi dan Generasi Z: Masa Depan dalam Genggaman. Yayasan Kita Menulis.

Twenge, J. M. (2017). iGen: Why Today's Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy—and Completely Unprepared for Adulthood— and What That Means for the Rest of Us. Atria Books.

Kominfo. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia Tahun 2022. Report Nasional.

Hidayat, R., et al. 2023. Analisa Angka Literasi Digital Pada Generasi Z. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol 2, 98-102.

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 80–86.

Sugiyono, (2020). Jenis-jenis Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Renol HS, S., Manullang, D. R. ., & Purba, S. E. E. . (2025). EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP GAYA BELAJAR GEN Z. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 189–197. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12499

Issue

Section

Articles