PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN KEPUASAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 DI SMP FRATER DON BOSCO TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11629Keywords:
Teacher’s Teaching Style, Students’ Learning Satisfaction, Learning Outcomes, Social Studies (IPS).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya mengajar guru dan kepuasan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VII SMP Frater Don Bosco Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya mengajar guru (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 (<0,05). Kepuasan belajar siswa (X2) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 (<0,05). Selain itu, hasil uji simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen tersebut secara bersama-sama memengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi F sebesar 0,001 (<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru dan kepuasan belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, Kepuasan Belajar Siswa, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of teachers' teaching styles and students' learning satisfaction on students' learning outcomes in Social Studies (IPS) subjects for Grade VII at SMP Frater Don Bosco Tomohon. This research employs a quantitative approach. The analysis results show that the teacher's teaching style (X1) has a significant partial effect on students' learning outcomes (Y), with a significance value of 0.007 (<0.05). Students' learning satisfaction (X2) also has a significant influence on learning outcomes, with a significance value of 0.013 (<0.05). In addition, the simultaneous test results indicate that both independent variables jointly affect students' learning outcomes, with an F significance value of 0.001 (<0.05). Therefore, it can be concluded that the teacher's teaching style and students' learning satisfaction have a significant influence, both partially and simultaneously, on students' learning outcomes.
Keywords: Teacher’s Teaching Style, Students’ Learning Satisfaction, Learning Outcomes, Social Studies (IPS).
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).
Azzahra, W. (2022). ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PADAMATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NURUL FURQOON BINJAI. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(1), 16–38. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i1.72
Jumroidah, S., Kadir, & Suhar. (2020). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 6 No. 3 September 2018 PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 UNAAHA. 6(3).
Ko, W.-H., & Chung, F.-M. (2020). Teaching Quality, Learning Satisfaction, and Academic Performance among Hospitality Students in Taiwan. World Journal of Education, 4(5). https://doi.org/10.5430/wje.v4n5p11
Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.601
Songgigilan, A., Watung, S., Kandori, I., & Dolonseda, H. P. (2024). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 301-308. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10170
Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X A DAN X B SMA NEGERI 1 TOMPASO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720
Wuisang, J., Oroh, S. S. ., & Rambing, R. F. S. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman mengajar Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 168–178. https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v3i1.4127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Virghinia Sambeka , Sri P Siswanto , Iwan Kandori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.