PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE DI KELURAHAN INOBONTO 1

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.2934

Keywords:

Shopping Orientation, Buying Experience, Online Buying Interest.

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja dan pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online di Kelurahan Inobonto 1 Metode penelitian ini adalah metode jenuh dengan sampel 45 nbsp; orang Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner angket dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : 1 Orientasi Belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Secara Online di Kelurahan Inobonto 1 dengan jumlah thitung< sub> gt; ttabel< sub> = 7 47 gt; 1 66 2 Pengalaman Pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Secara Online di Kelurahan Inobonto dengan jumlah thitung < sub> gt; ttabel< sub> = 8 12 gt; 1 66 3 Oreintasi belanja dan Pengalaman Pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Secara Online sebesar 36 01 dengan jumlah fhitung < sub>11 11 gt; ftabel< sub> = nbsp; gt; 3 22 Kata Kunci : Orientasi Belanja Pengalaman Pembelian Minat Beli Secara Online < em>< strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;ABSTRACT< em>< strong> nbsp;< em>< p>

This study aims to determine the effect of shopping orientation and purchasing experience on online buying interest in Inobonto 1 This research method is a saturated method with a sample of 45 people The technique used in data collection is a questionnaire questionnaire and documentation technique The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis simple correlation analysis and multiple correlation analysis The results of this study indicate: 1 Shopping orientation has a positive and significant effect on Online Purchase Intention in Inobonto 1 Village with a total of tcount gt; ttable = 7 47 gt; 1 66 2 Purchase Experience has a positive and significant effect on Purchase Intention Online in Inobonto Village with the number of tcount gt; ttable = 8 12 gt; 1 66 3 Shopping orientation and Purchase Experience have a positive and significant effect on Online Purchase Interest of 36 01 with fcount 11 11 gt; ftable = gt; 3 22 < em>< p>

Keywords: Shopping Orientation Buying Experience Online Buying Interest < em>< strong>< p>

References

Augusty Ferdinand 2006 Metode Penelitian Manajemen Semarang: BP UNDIP

D Durianto dan Liana C 2004 Analisi efektivitas iklan televisi softener soft fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model Jurnal Ekonomi Perusahaan Vol 11 no 1 : 35 55

D F Septarini B G 2013 Pengaruh Orientasi Belanja Terhadap Intensi Pembelian Produk Pakaian Secara Online pada Pengguna Online Shop Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi 2 3

Kotler dan Armstrong 2008 Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid Jakarta : Erlangga

Kotler dan Armstrong 2008 Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid Jakarta : Erlangga

Kusuma D F dan Septarini B G 2013 Pengaruh Orientasi Belanja Terhadap Intensi Pembelian Produk Pakaian Secara Online Pada Pengguna Online Shop Vol 02 Jurnal Psikologi dan Organisasi Surabaya: Universitas Airlangga

Ling Kwek Choon Chai Lau Teck Piew Tan Hoi 2010 The Effects of Shopping Orientations Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customer Online Purchase Intention Canadian Centre of Science and Education Vol 3 No 3 63 76

Sugiyono 2008 Metode Penelitian Bisnis Bandung: CV Alfabeta

Additional Files

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE DI KELURAHAN INOBONTO 1. (2021). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 271 280. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.2934