PERAN GURU PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) DALAM MENINGKATKAN JIWA BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3154Keywords:
Teacher's role, Entrepreneurial spirit, Pkk educationAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pkk dalam meningkatkan jiwa berwirausaha pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pkk, siswa. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan system triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang telah diperoleh. Data yang diperoleh merupakan data dari hasil observasi, interview, serta dokumentasi yang direduksi atau diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru pkk dalam meningkatkan jiwa wirausaha siswa adalah dengan memberikan pembekalan dan pendampingan dalam pembuatan produk kewirausahaan dan mengadakan pameran hasil karya siswa sebagai bentuk apresiasi 2) faktor pendorong proses pembelajaran kewirausahaan diantaranya adanya apresiasi dari sekolah berupa pameran dan kesadaran diri dari siswa akan pentingnya pendidikan kewirausahaan. Faktor penghambat pembelajaran kewirausahaan daintaranya masih kurangnya alat-alat untuk praktik 3) Hasil evaluasi guru dengan menggunakan dua metode yaitu dengan melakukan ujian tulis dan ujian praktek.
Kata Kunci: Peran guru, Pendidikan pkk, dan Jiwa berwirausaha.
ABSTRACT
This study aims to determine the role of PKK teachers in improving the entrepreneurial spirit of students. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. Sources of data in this study were principals, waka curriculum, PKK teachers, students. The method of data collection is the method of observation, documentation, and interviews. While the data analysis method used is a data triangulation system to test the validity of the data that has been obtained. The data obtained are data from observations, interviews, and documentation that are reduced or processed to obtain valid conclusions. The results showed that: 1) the role of the PKK teacher in improving students' entrepreneurial spirit is to provide debriefing and assistance in making entrepreneurial products and holding exhibitions of student work as a form of appreciation
- the driving factors for the entrepreneurial learning process include appreciation from schools in the form of exhibitions and awareness themselves from students about the importance of entrepreneurship education. The inhibiting factors for entrepreneurship learning include the lack of tools for 3) The results of teacher evaluation using two methods, namely by conducting written exams and practical exams.
Keywords: Teacher's role, Pkk education, and Entrepreneurial spirit.
References
Machfoedz, M. 2005. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta. Andi.
Moleong, J, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana.2003. Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses (edisi revisi). Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryana. 2009, kewirausahaan : Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Ed. Jil. 1. Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono, 2014. penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mx Methdos), Bandung: Alfabeta. Fahmi, Irham. 2013. Kewirausahaan Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yusrotun Nasikha, Maria Agatha Sri W.H
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.