PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 2 TONDANO

Authors

  • Silvana Oroh Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang Universitas Negeri Manado
  • Delia Natalia Putri Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7075

Keywords:

Education, Teaching Creativity, Learning Interest

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan dan kreativitas mengajar guru terhadap minat belajar siswa di smk n 2 tondano

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan desain penelitian ialah penelitian ex pose facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini di ambil dengan cara observasi, studi dokumenter, kuisioner dan angket serta penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket tertutup.Hasil penelitian menunjukkan Latar Belakang Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tondano. Kreatifitas Mengajar Guru  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tondano. Latar Belakang Pendidikan dan Kreatifitas Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Tondano.

Kata Kunci: Pendidikan, Kreatifitas Mengajar, Minat Belajar

 

 

Abstrack

This study aims to determine the educational background and teaching creativity of teachers on students' interest in learning at SMK N 2 Tondano

The type of research used in this research is quantitative research while the research design is ex pose facto research. Data collection techniques in this study were taken by means of observation, documentary studies, questionnaires and questionnaires and this study used an instrument in the form of a closed questionnaire. The results showed that educational background had a positive and significant effect on student learning interest at SMK Negeri 2 Tondano. Teacher Teaching Creativity has a positive and significant effect on Student Learning Interests at SMK Negeri 2 Tondano. Educational Background and Teaching Creativity of Teachers together have a positive and significant effect on Student Learning Interests at SMK Negeri 2 Tondano.

Keywords: Education, Teaching Creativity, Learning Interest

References

Abdul Hadis, Psikologi dalam Pendidikan,Bandung: Alfabeta, 2014

Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2007.

Ariyesti Maya Sari, 2016, Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. (Skripsi).

Arnawati, Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 11 Sinjai, jurnal pendidikan ekonomi, 2018, vol.3, No.2

Aunurrahman,M.Pd, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2012.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar & Pemebelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Jakarta : AV PUBLISHER, 2009.

Daryanto, Belajar dan Mengajar, Bandung : CV. Yrama Widya, 2010.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 2011.

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, -Edisi 2, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

E. Mulyasa, M.Pd, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2009.

Hartono, dkk, PAIKEM, Pekanbaru : ZANAFA PUBLISHING, 2012.

Hartono, Analisis Item Instrument, Bandung: Zanafa Publising, 2010.

Hamzah B. Uno, Nurdin, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Oroh, S., Wuisang, J., & Putri, D. N. (2023). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7075

Issue

Section

Articles