Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Bolaang

Authors

  • Sri P. Siswanto Universitas Negeri Manado
  • Feine Tulung Universitas Negeri Manado
  • Jesica Fricilia Tambayong Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5308

Keywords:

Parents' attention, learning motivation, student learning outcomes.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Bolaang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 64 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi ganda, analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Perhatian Orang Tua berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa dengan jumlah thitung lebih besar dari ttabel = 9,074 > 1,669 (2) Motivas Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa dengan jumlah thitunglebih besar dari ttabel = 6,082 > 1,669 (3) Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bolaang sebesar 29,92% dengan jumlah Fhitung lebih besar dari Ftabel = 76,888 > 4,00.

 

Kata Kunci : Perhatian orang tua, Motivasi belajar dan Hasil belajar siswa

 

ABSTRACK

This study aims to determine the effect of parental attention and learning motivation on student learning outcomes at SMK Negeri 1 Bolaang. This research method is a quantitative method with a sample of 64 people. The techniques used in data collection are observation, questionnaires and documentation. The results of the study were analyzed using multiple regression analysis methods, simple correlation analysis and multiple correlations. The results of this study show (1) Parental Attention has a significant effect on Student Learning Outcomes with a tcount greater than table 9,074 1,669 (2) Motivation = Learning has a significant effect on Student Learning Outcomes with a tcount greater than table = 6.082 > 1.669 (3) Parental Attention and Learning Motivation have a significant effect on Student Learning Outcomes at SMK Negeri 1 Bolaang by 29.92% with the F number greater than F 76.888 > 4.00. table.

Keywords: Parents' attention, learning motivation and student learning outcomes.

References

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran.Surabaya : Penerbit InsanCendekia

Djaali. 2008. Pengukuran dalm Bidang Pendidikan.Jakarta : PT Grasindo

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html?m=1

https://eprints.ums.ac.id /2021/07/jurnal/pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar-siswa-terhadap-prestasi-belajar-bidang-studi-akuntansi-pada-siswa-kelas-x-sma-n-1-pacangaan-kabupaten-jepara-tahun-ajaran-2007/2008.

https://stai-binamadeni.e-juornal.id /2021/07pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajar-matematika-survey-pada-kelas-VII-smp-swasta-di-kota-tanggerang

https://repository.upi.edu /2022/03/fika-yustia-afifah-2018

Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia..

Kandori Iwan, 2022, PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 TONDANO, kutipan dari https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/4050

Riadi, Muchlisin. (2015). Perhatian Orang Tua. Diakses pada 24/8/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2015/12/perhatian-orang-tua.html

Sadiman, Arief S. (dkk). 2010. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan : dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sukmadinata, N.S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Siswanto, S. P. ., Tulung, F. ., & Tambayong, J. F. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Bolaang. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 306–314. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5308

Issue

Section

Articles