Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Bolaang
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5308Keywords:
Parents' attention, learning motivation, student learning outcomes.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Bolaang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 64 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi ganda, analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Perhatian Orang Tua berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa dengan jumlah thitung lebih besar dari ttabel = 9,074 > 1,669 (2) Motivas Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa dengan jumlah thitunglebih besar dari ttabel = 6,082 > 1,669 (3) Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bolaang sebesar 29,92% dengan jumlah Fhitung lebih besar dari Ftabel = 76,888 > 4,00.
Kata Kunci : Perhatian orang tua, Motivasi belajar dan Hasil belajar siswa
ABSTRACK
This study aims to determine the effect of parental attention and learning motivation on student learning outcomes at SMK Negeri 1 Bolaang. This research method is a quantitative method with a sample of 64 people. The techniques used in data collection are observation, questionnaires and documentation. The results of the study were analyzed using multiple regression analysis methods, simple correlation analysis and multiple correlations. The results of this study show (1) Parental Attention has a significant effect on Student Learning Outcomes with a tcount greater than table 9,074 1,669 (2) Motivation = Learning has a significant effect on Student Learning Outcomes with a tcount greater than table = 6.082 > 1.669 (3) Parental Attention and Learning Motivation have a significant effect on Student Learning Outcomes at SMK Negeri 1 Bolaang by 29.92% with the F number greater than F 76.888 > 4.00. table.
Keywords: Parents' attention, learning motivation and student learning outcomes.
References
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran.Surabaya : Penerbit InsanCendekia
Djaali. 2008. Pengukuran dalm Bidang Pendidikan.Jakarta : PT Grasindo
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html?m=1
https://eprints.ums.ac.id /2021/07/jurnal/pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar-siswa-terhadap-prestasi-belajar-bidang-studi-akuntansi-pada-siswa-kelas-x-sma-n-1-pacangaan-kabupaten-jepara-tahun-ajaran-2007/2008.
https://stai-binamadeni.e-juornal.id /2021/07pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajar-matematika-survey-pada-kelas-VII-smp-swasta-di-kota-tanggerang
https://repository.upi.edu /2022/03/fika-yustia-afifah-2018
Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia..
Kandori Iwan, 2022, PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 TONDANO, kutipan dari https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/4050
Riadi, Muchlisin. (2015). Perhatian Orang Tua. Diakses pada 24/8/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2015/12/perhatian-orang-tua.html
Sadiman, Arief S. (dkk). 2010. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan : dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman, AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sukmadinata, N.S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jesica Fricilia Tambayong,Sri P. Siswanto, Feine Tulung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.