MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KABILA

Authors

  • Juliana Ahmad PPG Universitas Negeri Manado
  • Arie Kawulur PPG Universitas Negeri Manado
  • Maura Rawung PPG Universitas Negeri Manado
  • Niny Makaliwe UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8132

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Results, Social Sciences

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi dari hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kabila yang rendah. Kurangnya daya tarik siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kabila. Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori-teori kependidikan, sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru-guru Mata Pelajaran Produktif dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar.

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas, pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan, sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2. Yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kabila sebanyak 36 siswa, sampelnya diambil dari keseluruhan populasi.

Kata Kunci : Problem Based Lerning (PBL), Hasi Belajar, IPS

 

ABSTRACT

This research is based on the low learning outcomes of social studies subjects in class VII of SMP Negeri 3 Kabila. Lack of student interest in learning is one of the causes of low student learning outcomes. The aim of this research is to determine the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model to improve the learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 3 Kabila. The expected benefits of this research include: practical benefits, namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories, while the theoretical benefits provide input for the Education Department and input for Productive Subject teachers in order to improve teaching competency.

This research uses the Classroom Action Research Method, data collection is carried out after teaching and learning activities are carried out, while analyzing the data obtained through calculating the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2. The population is all class VII students of SMP Negeri 3 Kabila as many as 36 students, the sample was taken from the entire population.

Keywords: Problem Based Learning (PBL), Learning Results, Social Sciences

 

References

Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2). https://doi.org/10.26858/progresif.v1i2.28570.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Blumberg, P. (2021). Assessing Students During the Problem-Based Learning

(PBL) Process. International Associated of Medical Science Education.

(2).

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Pomalato, Sarsan W. DJ. DR. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Nurul Jannah.

Gafar, A. A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi problem based learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor VII, 12.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasrul Bakri. (2009). Peningkatan minat belajar praktek menggulung trafo melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada siswa Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal Medtek Vol 1 Nomor 1 April, 2-8.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Syah, Muhibin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosda Karya.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Uno, Hamzah. 1998. Teori Belajar dan Pembelajaran. Gorontalo : Nurul Jannah.

___________. 2004. Landasan Pembelajaran Teori dan Praktek. Gorontalo : Nurul Jannah.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Ahmad, J., Kawulur, A., Rawung, M., & Makaliwe, N. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KABILA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 30–37. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8132