UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 1 TOWUTI

Authors

  • . Baria PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Noula Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8114

Keywords:

Basic Problem Learning Model, Interest in Learning Economics

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pengajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia pada peserta didik kelas VII semester ganjil di SMP Negeri  1 Towuti tahun pembelajaran 2022/2023.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan 2 putaran yang meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 87 menjadi 93, nilai terendah dari 50 pada siklus 1 menjadi 67 pada siklus 2. Demikian juga rata-rata mengalami peningkatan yaitu 6,18 pada siklus 1 menjadi 75,18 pada siklus 2. Untuk prosentase belajar juga mengalami peningkatan dari 69% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pengajaran berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, peserta didik kelas VII semester ganjil di SMP Negeri  1 Towuti tahun pembelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Minat  Belajar Ekonomi,  Model Pembelajaran Problem Basic Learning

 

 

ABSTRACT

This research aims to find out whether the application of the problem-based learning model can improve social studies learning achievement in the basic competency of understanding activities to meet human needs in class VII odd semester students at SMP Negeri 1 Towuti for the 2022/2023 academic year. academic year.

This type of research is Classroom Action Research (PTK). This PTK is carried out in 2 rounds which includes 4 stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. The data analysis technique in this research is descriptive qualitative with the results of the research showing the highest increase in value from cycle 1 to cycle 2, namely from 87 to 93, the lowest value from 50 in cycle 1 to 67 in cycle 2. Likewise, the average increased, namely 6.18 in cycle 1 to 75.18 in cycle 2. The learning percentage also increased from 69% in cycle 1 to 75% in cycle 2.

In this research it can be concluded that the Problem Based Learning model can improve social studies learning achievement in the basic competency of understanding activities to meet human needs, for class VII students in odd semesters at SMP Negeri 1 Towuti for odd semesters. 2022/2023 academic year.

Keywords: Interest in Learning Economics, Basic Problem Learning Model

 

References

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Refertensi (GP Press Group).

Yulianti Dwi, Wiyanto.2009.Perancangan Pembelajaran Inovatif. Semarang: UNNES Perss

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djaali & Pudji Muljono. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo. Dewa Ketut Sukardi. (1994). Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya Usaha Nasional

Dimyati & Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djaali (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Baria, ., Wuisang, J., & Korengkeng, N. (2025). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 1 TOWUTI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 1–6. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8114