PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/I KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PARIWISATA BIAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Maria Silvy Lehtiany PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Nou Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8159

Keywords:

Problem Based Learning Model, Learning Achievement

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian Tindakan kelas ini yaitu Implementasi Problem Based Learning dan Penggunaan Modul Akuntansi Bilingual Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa pada Kompetensi Praktik Akuntansi Manual (Perusahaan Jasa) Kelas X1 Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pariwisata Biak Tahun Ajaran 2022/2023â€Â.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning memberikan respon positif dari siswa sebanyak 97,8%. Pada indikator sikap siswa terhadap permasalahan yang disajikan sebanyak 18 siswa atau 81,82% memberikan respon yang positif. Hal ini menunjukan sebanyak 18 siswa atau 81,82% siswa kelas XI Akuntansi  SMK Negeri 1 pariwisata Biak memiliki ketertarikan yang tinggi dan sikap yang cukup antusias terhadap permasalahan atau kasus yang disajikan oleh guru.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Prestasi belajar

 

 

ABSTRACT

"The aim of this classroom action research is the application of problem based learning and the use of bilingual accounting modules as a learning medium to improve students' accounting learning achievement in the Manual Accounting Practice Competency (Service Company) course."

The research results showed that the application of the Problem Based Learning Model gave a positive response by 97.8% of students. Judging from the indicators of students' attitudes towards the problems presented, 18 students or 81.82% gave positive responses. This shows as many as 18 students or 81.82% of the class

Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Achievement

References

Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alnemus Mema. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPS pada Siswa SD. Tesis Magister. Universitas Negeri Yogyakarta.

Al. Haryono Jusup. (2001). Dasar-Dasar Akuntansi Jilid I. Yogyakarta. Bagian Penerbit STIE YKPN. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eko Putro Widoyoko, M.Pd. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitria Nur Hidayat. (2013). Implementasi Model Probm Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktivan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi.

Penelitian Tindakan Kelas. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2006). Kurikulum 13. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadi. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Lehtiany, M. S., Wuisang, J., & Korengkeng, N. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/I KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PARIWISATA BIAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 100–111. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8159