UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PELAJARAN EKONOMI BISNIS MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 12 OTKP SMK N 4 BITUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Reynold Stenly Tendean PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Linda Rumbayan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jetty D. Lempas UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8709

Keywords:

Problem Based Learning, Breaking Point, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar materi Titik Pulang Pokok pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Batuputih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Titik Pulang Pokok pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 71,94 pada pre-test menjadi 79,83 pada post-test. Peningkatan ini sebesar 7,89 poin. Penerapan model pembelajaran PBL dapat membantu siswa lebih mudah memahami konsep Titik Pulang Pokok. Hal ini dikarenakan model pembelajaran PBL mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah, memahami teori dan praktik ekonomi bisnis secara mendalam, serta mendorong kerja sama dan komunikasi.

Kata kunci: Problem Based Learning, Titik Pulang Pokok, Hasil belajar

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the effectiveness of implementing the Problem Based Learning (PBL) learning model in improving learning outcomes in the Homecoming Point material for class XI students at SMK Negeri 4 Batuputih. The research results show that the application of the PBL learning model is effective in improving student learning outcomes on Homecoming Point material. This is proven by the increase in the average value of student learning outcomes from 71.94 on the pre-test to 79.83 on the post-test. This increase was 7.89 points. Applying the PBL learning model can help students more easily understand the concept of Homecoming Points. This is because the PBL learning model encourages students to think critically in solving problems, understand the theory and practice of business economics in depth, and encourage cooperation and communication.

Keywords: Problem Based Learning, Breaking Point, Learning Outcomes

References

Al Farisi 2020. Fabrication Method of Micromachined Quartz Glass Resonator Using Sacrificial Supporting Structures

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Dzulfikar, A., Asikin, M. & Hendikawati, P. 2012. Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematic s Education-UJME, Vol. 1, No. 1

Istarani. (2012).58 Model Pembelajaran Innovatif. Medan.MediaPersada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Lilis N,. 2019. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional. Jurnal Humanity versi online volume 10, nomor 1. ISSN 0216-8995.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Tendean, R. S., Wuisang, J., Rumbayan, L., & Lempas, J. D. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PELAJARAN EKONOMI BISNIS MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 12 OTKP SMK N 4 BITUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 210–219. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8709