PENGARUH PENERAPAN UNDERSTENDING BY DESIGN,BACKWARD DAN GAMEFIKASI PADA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Soedjarwo Datunsolang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Niny Makaliwe UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8712

Keywords:

Understending by Design, Higher Level Thinking Skills, Backward Design and gamification

Abstract

ABSTRAK

Pemahaman Melalui Perancangan (Understanding by Design/UbD) adalah kerangka yang kuat untuk merancang kurikulum, pembelajaran, dan penilaian yang memprioritaskan pemahaman mendalam dan transfer dengan model backward design pada pembelajaran. artikel ini menjelajahi landasan teoritis, prinsip, dan aplikasi praktis yang mengitegrasikan gamifikasi dalam konteks pendidikan. Berdasarkan penelitian di SMA Negeri 4 Kotamobagu, keterkaitannya dengan higher oder thinking skills, serta implikasinya terhadap praktik pembelajaran. Artikel ini juga menyelidiki dampak UbD terhadap hasil belajar siswa dan memberikan rekomendasi bagi pendidik yang ingin mengimplementasikan UbD model Backward yang terintegrasikan gamifikasi secara efektif dalam praktik mengajar mereka

Kata kunci: Understending by Design, Higher Oder Thinking Skills, Backward Design dan gamifikasi

 

 

ABSTRACT

Understanding by Design (UbD) is a strong framework for designing curriculum, learning and assessment that prioritizes deep understanding and transfer using a backward design model for learning. this article explores the theoretical foundations, principles, and practical applications that integrate gamification in educational contexts. Based on research at SMA Negeri 4 Kotamobagu, its relationship with higher order thinking skills, as well as its implications for learning practices. This article also investigates the impact of UbD on student learning outcomes and provides recommendations for educators who want to implement the Backward model of UbD that integrates gamification effectively into their teaching practice.

Keywords: Understending by Design, Higher Level Thinking Skills, Backward Design and gamification

 

References

I Made Suta Paramarta, Mutiara Kebijaksanaan Para Filsuf Zaman Yunani Sampai Post Modern Jacque Derrida: Dekonstruksi Konsep Berpikir melawan Binaritas Logosentrisme. 2021https://www.researchgate.net/publication/357781830_Jacques_Derrida_Dekonstruksi_Konsep_Berpikir_melawan_Binaritas_Logosentrisme

G Wiggins, J McTighe - 2005 - Understanding by design books.google.com

https://pdfs.semanticscholar.org/03e8/20730a873e7f44dbb1f64e4f047b9b321460.pdf

"AI in Real-Time Strategy Games: A Survey of Current Techniques and Future Directions" oleh N. V. Govindaraju dan A. S. Rao (2022)

https://www.researchgate.net/publication/260711387_A_Survey_of_Real-Time_Strategy_Game_AI_Research_and_Competition_in_StarCraft

Duri lemong. Yogyakarta, Terik Mentari 14 Juli mendung dihati. 2003

Amelda Sakul 1*, Philoteus E. A. Tuerah 2 Jeffry Sony Junus Lengkong3 1,2,3 Universitas Negeri ManadoMetode Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma N 1 Remboken. 2023

Volume 8 Issue 3 (2023) Pages 236 - 244 Jurnal Mirai Management ISSN : 2598-8301 (Online)https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/5811/3872

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Datunsolang, S. ., Kandori, I., & Makaliwe, N. (2025). PENGARUH PENERAPAN UNDERSTENDING BY DESIGN,BACKWARD DAN GAMEFIKASI PADA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 236–248. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8712