PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ERIS

Authors

  • Jesika Mantiri Fekon Unima
  • Joubert M. Dame Universitas Negeri Manado
  • Devyano Ranti Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1624

Keywords:

Motivasi, Fasiltas, Minat

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa di kelas X IPS SMA Negeri 1 Eris. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 65 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) . Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda.Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi orang tua dengan minat belajar siswa di kelas X Ips SMA Negeri 1 Eris. Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dengan minat belajar siswa di kelas X Ips SMA Negeri 1 Eris.Terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi orang tua dan minat belajar siswa terhadap kemampuan belajar siswa di kelas X Ips SMA Negeri 1 Eris.

References

AlJufri B Syarif & Kumaidi. 1990Minat Kejuruan Murid-Murid SekolahMenengah Tingkat Atas di Sumatera Barat IKIP Padang.

Arikunto,S. 2009. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Bafadal, Ibrahim.2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bangun, Darwin. 2008.Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Waktu Belajar Dirumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi. UNILA

Bardiati. 2008. Meningkatkan Minat dan Belajar IPS Materi Memahami Perekonomian Indonesia Melalui Strategi Index Card Match pada siswa kelas VIIID SMP N Ajibarang Kec.Ajibarang Kab.Banyumas Tahun 2008/2009”

Bedjo. 1996Perhatian orang tua dan keluarga dalam pendidikan anak – anaknya. Majalah ilmiah Universitas Udayana.Bali

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.Jakarta: Kencana

Darsono, Max. 2002. Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo.

Daryanto, M. Farid .2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah.Yogyakarta : Gava Media.

Febriantika, Nilam.2016.Kontribusi Motivasi, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemandirian Siswa X Semester Genap SMK Muhammadiyah Klaten Utara TahunAjaran 2015/2016.Jurnal Ilmiah pendidkan Matematika.UNY.

Haryanto. 2010. Pengertian Motivasi belajar

Lestari, Karina. 2012. Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS

Miftahul Jannati.2016.Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Ekonomi. Jambi : Jurnal

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Prantiya. 2008.Kontribusi Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten.

Purwaningsih, Wiwik. 2009. Pengaruh Intensitas Interaksi Antara Siswa Dengan Guru Dalam Proses Pembelajaran Dan Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Putu, Denok Wahyu.2007.Pengaruh Kelengkapan Faslitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2006/2007.Skripsi Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Salsabila, Afida.2015. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar. Klaten: Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Sam, Arianto. 2008. Pengertian Fasilitas Belajar

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Sarwono Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010.Belajar&Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta:Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Supit, M., Pongoh, S., & Dame, J. 2020.Pengaruh status social ekonomi

Surakarta:Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta:Bumi Aksara

Wahyono,Budi.2012.PengertianMotivasiBelajar

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

Mantiri, J., Dame, J. M. ., & Ranti, D. . (2021). PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ERIS. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 96-111. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1624

Issue

Section

Articles