PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN INPRES 5/81 TENDEKI
Keywords:
Model Mind Mapping, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDN Inpres 5/81 Tendeki tahun ajaraan 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada siklus penelitian yang terdiri dari dua siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan Tindakan, pelaksanaan Tindakan, pengamatan dan refleksi dengan subjek penilitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. KKM individual yang sudah ditetapkan yaitu 70. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian adalah diperoleh dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh 80,43 % dan siklus II memperoleh hasil 92,39%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 76,08 % dan pada siklus II memperoleh hasil 89,13%.adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh hasil 63,33% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan hasil siklus II memperoleh hasil 93,92%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa