PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MOLOBOG
Keywords:
Sistem Pernapasan Manusia, Model Pembelajaran STEM dan Hasil BelajarAbstract
Model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic), mendorong siswa menjadi aktif, berpikir kritis, kreatif dan juga semangat gotong royong sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Juga terealisasi dengan profil pelajar pancasila yang saat ini mulai dilaksanakan di setiap sekolah. Model pembelajaran ini bersifat nyata atau fakta yang membuat siswa terlibat langsung dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggaruh penggunaan model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar IPA pada tema II materi sistem pernaasan manusia siswa kelas V SD Negeri 1 Molobog. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain quasi-experimental design. pengumpulan data dilakukan dengan tes dan Subjek penelitian untuk memperkuat hasil pembelajaran STEM , analisi data menggunakan program SPSS versi 24, data yang di uji yaitu uji normalitas , homogenita, dan uji t. Output uji t (uji hipotesis) yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.. Dari hasil belajar skor rata-rata setelah dilakukan perlakuan kelas kontrol menunjukkan angka 72,33 dan kelas eskperimen setelah di lakukan perlakuan menunjukan angka 84,26 maka dapat di simpulkan model pembelajaran STEM berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Molobog
