PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MOLOBOG

Authors

  • Rena Mamonto Universitas Negeri Manado
  • Roos M.S Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Widdy H.F Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Sistem Pernapasan Manusia, Model Pembelajaran STEM dan Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic), mendorong siswa  menjadi aktif,  berpikir kritis, kreatif dan juga semangat gotong royong sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Juga terealisasi dengan profil pelajar pancasila yang saat ini mulai dilaksanakan di  setiap sekolah.  Model pembelajaran ini bersifat nyata atau fakta yang membuat siswa terlibat langsung dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggaruh penggunaan  model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar IPA pada tema II materi sistem pernaasan manusia siswa kelas V SD Negeri 1 Molobog. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain quasi-experimental design. pengumpulan data dilakukan dengan tes dan Subjek penelitian untuk memperkuat hasil pembelajaran STEM , analisi data menggunakan program SPSS versi 24, data yang di uji yaitu uji normalitas , homogenita, dan uji t. Output uji t (uji hipotesis) yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.. Dari hasil belajar skor rata-rata setelah dilakukan perlakuan kelas kontrol menunjukkan angka  72,33 dan kelas eskperimen setelah di lakukan perlakuan menunjukan angka 84,26 maka dapat di simpulkan model pembelajaran STEM berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Molobog

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Mamonto, R. ., Tuerah, R. M., & Rorimpandey, W. H. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MOLOBOG. Bloom Journal, 1(1), 31-39. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/9003

Issue

Section

Articles