PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES LANSOT

Authors

  • Farah Riani Komenaung Universitas Negeri Manado
  • Roos M.S Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Steven Mandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, hasil belajar, bahasa Indonesia

Abstract

Peningkatan mutu Pendidikan menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas manusia dan upaya peningkatan kualitas manusia dan upaya untuk mencapai mutu Pendidikan adalah dengan pembelajaran di Sekolah. Pemilihan model pembelajaran yang tepat tentunya sangat berpengaruh untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rendahnya hasil belajar merupakan salah satu permasalahan dalam dunia Pendidikan. Model Based Learning adalah model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa pada masalah auntetik sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh kembangkan keterampilan yang lebih tinggi dan inquiry, memandirikan  siswa dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri. Kelebihan model pembelajaran Problem Based Learning adalah siswa didorong untuk memiliki kemampuan membangun pengetahuannya sendiri melalui aktivitas belajar.Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri dan hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan keahlian mengajar. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa pada siklus yang pertama diperoleh dengan nilai rata-rata 61,25 dan pada siklus yang kedua mengalami peningkatan ketuntasan  dengan nilai rata-rata 80. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi mengidentifikasikan dan menganilisis cerpen di kelas V SD INPRES Lansot

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Komenaung, F. R., Tuerah, R. M. ., & Mandey, S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES LANSOT. Bloom Journal, 1(3), 83-90. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11371

Issue

Section

Articles