PENGARUH PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD
Keywords:
Pendekatan TPACK, Hasil Belajar, IPAAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Hasil Belajar IPA di V SD Katolik Sarongsong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Metode penelitian eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design dan bertujuan untuk mengukur hubungan sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Katolik Sarongsong kecamatan Tomohon Selatan, kota Tomohon dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Masing – masing kelompok terdiri dari 16 orang dengan jumlah 32 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran technological pedagogical content knowledge berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test yang diolah dengan menggunakan SPSS sehingga diperoleh hasil pada pendekatan pembelajaran technological pedagogical content knowledge terhadap hasil belajar IPA yakni nilai signifikansi yaitu sebesar 0.000 atau kurang dari 0.05 (< 0.05). maka Ha diterima, dan H0 ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan technological pedagogical content knowledge terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Katolik Saronsong