MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI

Authors

  • Solagratia Aprili Rumimper Universitas Negeri Manado
  • Deitje A Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Widdy H.F Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Metode Inkuiri, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA dikelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri. Metode Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran dengan menggunakan subjek penelitian dalam metode pembelajaran Inkuiri adalah siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai yang berjumlah 22 orang yang masing-masing memiliki latar belakang kemampuan yang berbeda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan selama proses pembelajaran melalui lembar penilaian. Dari dua siklus yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai, maka tingkat kemapuan yang dicapai siswa pada sikus I yaitu 60% dan pada siklis II 94% Dengan hasil yang telah diperoleh dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai. Berdasarkan hasil metode pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran IPA sehingga siswa menjadi lebih aktif dan bertanggung jawab

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Rumimper, S. A. ., Katuuk, D. A., & Rorimpandey, W. H. . (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI. Bloom Journal, 1(1), 119-126. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/9016

Issue

Section

Articles