Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SD GMIM 140 Pineleng

Authors

  • Tiara Nadila Katrin Pandelaki Universitas Negeri Manado
  • Harold Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Margareta Oktavia Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti di SD GMIM 140 Pineleng khususnya kelas V yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti di SD GMIM 140 Pineleng khususnya kelas V yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan model pembelajaran think pair share (TPS) pada pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD GMIM 140 Pineleng. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD GMIM 140 Pineleng dengan menggunakan model pembelajaran thinks pair share (TPS). Think Pair Share (TPS) adalah salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan pola interaksi siswa sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Metode think pair share diawali dengan penyajian materi secara klasikal,, kemudian persoalan diberikan kepada siswa yang bekerja sama dengan cara berpasangan (thinks-pairs), selanjutnya siswa melakukan prsentase kelompok (share). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), menurut Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2006:31) dengan empat tahap yaitu: perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu melalui teknik observasi (pengamatan) dan tes. Pengumpulan data dengan teknik pengamatan menggunakan instrument pengamatan. Sedangkan Tes dengan cara memberikan evaluasi atau sejumlah pertanyaan. Hasil pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa 66 % dari jumlah siswa 29 orang, 9 siswa yang berhasil mencapai KKM dan 19 siswa yang tidak berhasil mencapai KKM. Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentase 90% atau dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di kelas V SD GMIM 140 Pineleng maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Katrin Pandelaki, T. N., Lumapow, H. ., & Sumilat, M. O. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SD GMIM 140 Pineleng. Bloom Journal, 1(3), 193-200. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11405

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)