PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SD GMIM MAKAAROYEN
Keywords:
Problem Based Learning, Media Gambar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan media gambar di kelas IV SD GMIM Makaaroyen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dimana ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran, dalam hal ini media gambar yang belum optimal oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar IPA yang akhirnya siswa juga mempunyai kecenderungan pasif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA yang diukur dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar di kelas, maka secara otomatis hasil belajar anak tidak mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini dilaksanakan melalui II siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian yaitu anak di SD GMIM Makaaroyen yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA, menunjukkan adanya perubahan yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 52,5%, sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh anak sudah meningkat mencapai 95%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV SD GMIM Makaaroyen.
