MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM V TOMOHON
Keywords:
Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, PKNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD GMIM V TOMOHON. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SD GMIM V TOMOHON pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2018) yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan/Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I mencapai 67,5% sedangkan pada siklus II mencapai 89,58% jadi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKN Pada Siswa Kelas IV Di SD GMIM V Tomohon

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.