MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM V TOMOHON

Authors

  • Andriani Nathalia Mamuko Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Margareta Oktavia Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD GMIM V TOMOHON. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SD GMIM V TOMOHON pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2018) yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan/Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I mencapai 67,5% sedangkan pada siklus II mencapai 89,58% jadi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKN Pada Siswa Kelas IV Di SD GMIM V Tomohon

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Mamuko, A. N., Tuerah, R. M. S. ., & Sumilat, M. O. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM V TOMOHON. Bloom Journal, 2(1), 1-8. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11528

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>