ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SDN INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA
Keywords:
Analisis kesalahan, kesalahan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas IV SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat dalam menyelesaikan soal IPA pada materi perubahan wujud benda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu Guru dan Siswa Kelas IV SDN Inpres 6/84 Walehunia Sagerat. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal IPA terkait materi perubahan wujud benda adalah: (1) Kesalahan Konsep, (2) Kesalahan Terjemah, (3) Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Kesalahan terbesar dilakukan pada jenis kesalahan K1 yaitu kesalahan konsep sebanyak 100%, sedangkan kesalahan terkecil dilakukan pada jenis kesalahan K3 yaitu kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 50,40%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah (a) kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda. (b) strategi pembelajaran guru dan metode yang digunakan guru belum efektif, sehinggah membuat peserta didik tidak memahami dengan baik materi perubahan wujud benda.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.