STRATEGI GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD GMIM 2 TUMPAAN
Keywords:
Teacher Strategy, Learning InterestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Meningkatkan Minat Belajar IPAS Siswa Kelas V SD GMIM 2 Tumpaan Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah < em>Natural Setting < em> Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti dan kondisi obyek alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi gabungan analisis data bersifat induktif kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah SD GMIM 2 Tumpaan Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023 2024 selama kurang lebih 3 bulan Penelitian dilakukan setelah Seminar Proposal Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : Observasi Wawancara dan Dokumentasi Guru kelas V SD GMIM 2 Tumpaan telah menggabungkan berbagai elemen dalam upaya meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam Sosial IPAS siswa kelas V Mereka tidak hanya terpaku pada metode pengajaran konvensional melainkan mengadopsi pendekatan inovatif dan interaktif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan relevan Beberapa elemen kunci yang terungkap dalam hasil penelitian mencakup penerapan tujuan pembelajaran yang jelas penggunaan materi ajar yang menarik penggunaan metode pembelajaran aktif pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung evaluasi berfokus pada tujuan serta penciptaan atmosfer pembelajaran yang positif menyenangkan dan inklusif Selain itu guru juga berhasil menarik minat siswa melalui penerapan strategi yang melibatkan keterlibatan aktif memberikan pemahaman kontekstual melalui objek dan fenomena alam serta pengembangan keterampilan eksperimental dan pemikiran ilmiah< p>






