PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI I TATAARAN
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri I Tataaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan cara (1) merencanakan, (2) melaksanakan dan (3) merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat (Wina Sanjaya, 2009 : 20). Subjek penelitian ini adalah anak – anak siswa kelas IV SDN I Tataaran tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah 17 siswa dengan 8 siswa perempuan dan 9 siswa laki – laki. Instrumen penelitian yang digunakan yakni peneliti sendiri, tes tertulis, lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan hasil penelitian sebagai berikut. Pada siklus I meningkat sedikit dari pra siklus dengan nilai persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 65,31% dengan tingkat keberhasilan yang artinya kurang. Pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87,05% dengan tingkat keberhasilan yang artinya sangat memuaskan. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri I Tataaran