PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GMIM SENDANGAN
Keywords:
Penerapan model pembelajaran PjBL, Hasil Belajar and Composition (CIRC)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan penerapan pembelajaran model Project Based Learning pada kelas V SD GMIM Sendangan dan juga mengenai peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Project Based Learning siswa kelas V SD GMIM Sendangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan melewati dua siklus penelitian dimana di setiap siklusnya terdiri atas prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung di SD GMIM Sendangan , sebagai objek penelitiannya adalah murid kelas V yang berjumlah 10 orang. Menggunakan teknik observasi dan juga tes untuk mengumpulkan data. Model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD GMIM Sendangan pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dapat diketahui dari jumlah ketuntasan hasil belalajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada pra siklus peserta didik yang berada pada kategori tuntas berjumlah 3 peserta didik dengan persentase sebesar 30% dari total jumlah peserta didik (10 peserta didik), kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 4 peserta didik dengan persentase 63%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 9 peserta didik dengan persentase 85.5% dari total jumlah peserta didik

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.