PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 “LINGKUNGAN SAHABAT KITA” KELAS V SDN INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT

Authors

  • Erika Aprilia Zurly Lopo Universitas Negeri Manado
  • Widdy H.F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Hetty J Tumurang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, Powtoon, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis Powtoon yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita”. Metode penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu : Analisis (Analysis, Desain (Design), Pengembangan (Development, Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Peningkatan Hasil belajar IPA dihasilkan dari Pre-test dan Post-test. Hasil uji validasi oleh ahli media memperoleh nilai presentase 89,3% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji validasi ahli materi memperoleh nilai presentase 93,3% dengan kategori Sangat Layak. Selanjutnya dengan tahap uji coba lapangan yaitu respon guru sebagai pengguna praktisi mendapat nilai presentase 100% dengan kategori “Sangat Layak” dan uji kelompok kecil respon siwa yang terdiri 6 siswa mendapat nilai 95,45% dengan kategori “Sangat Layak”. hasil belajar IPA sebelum menggunakan media pembelajaran video animasi Powtoon secara klasikal baru mencapai 38,57% belum mencapai KKM IPA 70, setelah menggunakan media pembelajaran media video animasi berbasis Powtoon hasil belajar IPA secara klasikal meningkat menjadi 80.35%. Dari hasil penelitian Pngembangan ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran dan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles