PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES LANSOT
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Lansot dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapaun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana pada siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 64,2 % sehigga dilanjutkan pada siklus yang kedua, yang diperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat hingga 94,2 %. Dari hasil ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Inpres Lansot pada mata pelajaran IPS