PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD INPRES TALIKURAN SONDER
Keywords:
Model talking stick, meningkatkan hasil belajar, bahasa indonesiaAbstract
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disekolah SD Inpres Talikuran khususnya kelas III yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui pelajaran talking stick siswa kelas III SD INPRES Talikuran. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan Data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Teknik pengamatan (Observasi) dan Tes. Dan hasil yang akan diperoleh siswa dengan cara memberikan sejumlah Pertanyaan atau Evaluasi. Dan Hasil pada siklus I diperoleh 59% dari jumlah 10 orang yang 4 orang yang berhasil menerima materi dan 6 orang siswa yang tidak behasil. Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentase 77% atau dapat dikatakan berhasil. Dari jumlah 10 orang siswa dikelas III SD INPRES Talikuran hanya 2 orang yang yang mendapatkan nilai dibawa 75. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di kelas III SD INPRES Talikuran maka dapat di simpulkan bahwa : penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkat hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas III SD INPRES Talikuran dengan capaian siklus I 59% dan siklus II 77%.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.