PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD GMIM MAKASILI

Main Article Content

Jesse C. Pangemanan
Supit Pusung
Roos M. S. Tuerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam pembelajaran IPA kelas V di SD GMIM Makasili. Fokus penelitian ini ialah peranan guru dalam pembelajaran IPA di kelas V di SD GMIM Makasili. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif meliputi lokasi penelitian di SD GMIM Makasili, Desa Makasili, Kecamatan Kumelembuai, Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Sumber data adalah kepala sekolah wakil kepala sekolah dan wali kelas V SD GMIM Makasili. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri, teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa di sekolah berupa peran guru sebagai pendidik, pengajar, fasilitator, Motivator, pengarah, transmitter., kemudian usaha yang dilakukan guru yaitu selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa di sekolah untuk belajar yang baik, dan memberikan bimbingan belajar dengan baik pula agar dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2