PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SD GMIM PANGOLOMBIAN

Authors

  • Kristalina S. N. Wawo Universitas Negeri Manado
  • Widdy H F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Deddy F. Kumolontang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, IPAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam & Sosial pada siswa kelas V SD GMIM Pangolombian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan model pre-experimental one-group pretest-posttest design, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yaitu pretest dan posttest, yang terdiri dari 5 soal essay yang di berikan ke seluruh siswa kelas V. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25, uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis dua arah memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, kemudian pada uji hipotesis satu arah diperoleh nilai mean uji pretest 69.58 dan nilai mean uji posttest 87.08, dari hasil uji hipotesis satu arah ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan model Problem Based Learning dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS materi Daerahku Kebanggaanku. Dengan demikian berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD GMIM Pangolombian.

Downloads

Published

2025-02-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>