PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES RAANAN BARU

Main Article Content

Mira S. Siliwir
Marien Pinontoan
Katrina Siwi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu proses pembelajaran yang masih didominasi oleh model pembelajaran ceramah sehingga siswa lebih banyak diam dan tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca melalui penerapan model pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Inpres Raanan Baru. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (2006) dengan empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Inpres Raanan Baru dengan jumlah 12 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari siswa-siswi serta guru kelas dalam proses belajar mengajar. Selain itu, jenis data yang diambil menggunakan lembar penilaian guru dan siswa.


            Hasil yang dicapai oleh siswa pada siklus I adalah 59,16% dan hasil tersebut belum mencapai standar ketuntasan belajar. Pada siklus II hasil yang dicapai peserta didik mengalami peningkatan yaitu 83,33%. Hasil tersebut sangat memuaskan karena telah mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas IV SD Inpres Raanan Baru dan dikategorikan sudah baik. Berdasarkan kesimpulan penelitian menggunakan saran, yaitu guru harus bisa menerapkan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah manapun.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>