PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 4 SD INPRES LANSOT

Main Article Content

Klaudia G. Pondaag
Roos S. Tuerah
Margareta O. Sumilat

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Inpres Lansot. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research,  dengan siklus I dan II yang melewati  langkah – langkah  penelitian sesuai dengan  model penelitian  menurut  Kemmis & Mc. Taggart sebagai berikut perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Lansot yang berjumlah 8 orang. Dan teknik pengumpulan data yang dipakai yakni melalui observasi dan pemberian test. Data dianalisis dengan perhitungan persentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa. Melalui berbagai tahapan dalam penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Dengan melihat peningkatan hasil tes pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Tumbuhan. Adapun data yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV SD SD Inpres Lansot sebelum diterapkan model Problem Based Learning pada tahap pra siklus dengan persentase ketuntasan 11% termaksud dalam kategori kurang. Pada tahap siklus 1 setelah diterapkan model Problem Based Learning memperoleh presentase ketuntasan hasil belajar dengan nilai 65%, dengan berada dalam kategori cukup sehingga, peneliti melanjutkan penelitian selanjutnya yaitu siklus II. Pada tahap siklus II persentase ketuntasan hasil belajar ada pada nilai 88,12% berada dalam kategori sangat baik. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2