PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 4 SD INPRES LANSOT

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Base Learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi melalui model Problem Based Learning< em> pada siswa kelas IV SD Inpres Lansot Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK atau Classroom Action Research< em> < em> nbsp;dengan siklus I dan II yang melewati nbsp; langkah langkah nbsp; penelitian sesuai dengan nbsp; model penelitian nbsp; menurut nbsp; Kemmis amp; Mc Taggart sebagai berikut perencanaan pelaksanaan tindakan observasi serta refleksi Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Lansot yang berjumlah 8 orang Dan teknik pengumpulan data yang dipakai yakni melalui observasi dan pemberian test Data dianalisis dengan perhitungan persentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa Melalui berbagai tahapan dalam penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil penelitian sebagai berikut Dengan melihat peningkatan hasil tes pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu mulai dari prasiklus siklus I dan siklus II pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Tumbuhan Adapun data yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV SD SD Inpres Lansot sebelum diterapkan model Problem Based Learning pada tahap pra siklus dengan persentase ketuntasan 11 termaksud dalam kategori kurang Pada tahap siklus 1 setelah diterapkan model Problem Based Learning memperoleh presentase ketuntasan hasil belajar dengan nilai 65 dengan berada dalam kategori cukup sehingga peneliti melanjutkan penelitian selanjutnya yaitu siklus II Pada tahap siklus II persentase ketuntasan hasil belajar ada pada nilai 88 12 berada dalam kategori sangat baik Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan < p>

References

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>