ANALISIS KOMPETENSI GURU DI SMP KRISTEN TONDANGOW

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10195

Keywords:

Teacher competence, Supporting Factors, Inhibiting Factors

Abstract

ABSTRAK < strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa kompetensi pedagogik kepribadian profesional dan kompetensi sosial guru serta apa saja faktor pendukung dan penghambat Kompetensi Guru yang ada di SMP Kristen Tondangow Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pegadogik kepribadian profesional dan kompetensi sosial guru di SMP Kristen Tondagow sudah sangat baik Faktor Pendukung Kompetensi Guru yang ada di SMP Kristen Tondangow yaitu adanya fasilitas pendukung program pengembangan kompetensi profesional guru memberikan supervasi kepada guru juga memberikan kesempatan guru mengikuti program kegiatan pengembangan Faktor penghambat kompetensi guru seperti fasilitas yang sudah ada namun jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah guru selain itu kompetensi guru yang ada SMP Kristen Tondangow banyak yang belum diperbarui karna kesempatan untuk mengikuti pelatihan terbatas dan terkadang banyak guru yang malas mengikuti pelatihan kompetensi < p>

Kata Kunci:< strong> Kompetensi guru Faktor Pendukung Faktor Penghambat< p>

< strong>< p>

< strong>< p>

ABSTRACT < strong>< p>

This study aims to determine what the pedagogical personality professional and social competences of teachers are like as well as what are the supporting and inhibiting factors of Teacher Competence in Tondangow Christian Middle School This research method uses a qualitative method The results of the study indicate that the pedagogical personality professional and social competences of teachers in Tondangow Christian Middle School are very good Supporting Factors for Teacher Competence in Tondangow Christian Middle School are the existence of supporting facilities for teacher professional competence development programs providing supervision to teachers and also providing opportunities for teachers to participate in development activity programs Inhibiting factors for teacher competence such as existing facilities but the number is not comparable to the number of teachers in addition many of the teacher competencies in Tondangow Christian Middle School have not been updated because the opportunity to participate in training is limited and sometimes many teachers are lazy to participate in competency training < em>< p>

Keywords:< strong> Teacher competence Supporting Factors Inhibiting Factors< em>< p>

References

Bagou D Y Suking A 2020 Analisis kompetensi profesional guru Jambura Journal of Educational Management 1 2 122 130

Darmadi H 2016 Tugas Peran Kompetensi Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional Edukasi: Jurnal Pendidikan 13 2 161 174

Dudung A 2018 Kompetensi Profesional Guru JKKP Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan 5 1 9 19

Djamarah Syaiful Bahri 2019 Guru dan Anak Didik Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar 2019 Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Dan Sukses Dalam Sertifikat Guru Jakarta: Rajawali Pers

Lafendry F 2020 Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan

Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 3 3 1 16

Laloan C Dame J M Bakahosu A 2023 ANALISIS FAKTOR KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 1 44 52 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i1 7065

Marwan dan Syarifuddin 2020 Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Man 5 Aceh Utara Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi 8 1 18 27

Pattyranie M M Siswanto S P Ranti D V 2023 Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Kelas Xi Di Sekolah SMK Negeri 1 Amurang Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 2 121 130

Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung : Alphabet

Sitompul B 2022 Kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital Jurnal Pendidikan Tambusai 6 3 13953 13960

Tamboto H 2024 PENGARUH KOMPETENSI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 MODOINDING Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 26 31 https: doi org 10 53682 jpeunima v5i1 9693

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KOMPETENSI GURU DI SMP KRISTEN TONDANGOW. (2024). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 309 320. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10195