PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Authors

  • Christina Lianka Supit Universitas Negeri Manado
  • Linda A. Tanor Universitas Negeri Manado
  • Devyano Ranti Universitas Negeri Manado
  • Amsje Winokan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11631

Keywords:

Online Customer review, Product Quality, Purchase Decision

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan
Kualitas Produk Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Maahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah 271
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado, dengan sampel
yang diambil sebanyak 73 responden. Teknik pengumpulan data yaitu melalui kuesioner
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data digunakan regresi linier
berganda, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis (uji t dan f) dan koefisien determinasi.. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Online Customer Review tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sementara Kualitas Produk secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, baik Online
Customer Review maupun Kualitas Produk memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 31% menunjukkan
kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya sebesar 69%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Online Customer Review, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


ABSTRACT
The aim of this research is to determine the influence of online customer review and
product quality on purchasing decisions of students at the Faculty of Economics and
Business, Manado State University. This research uses a quantitative approach. The
population that was the focus of this research was 271 students from Faculty of Economics
and Business, Manado State University, with a sample of 73 respondents. The data
collection technique is through a questionnaire whose validity and reliability have been
tested. Data analysis techniques used multiple linear regression, classical asumption tests,
as well as hypothesis testing (t and f tests) and coefficient of determination. This results of
this research show that partially online customer review have no influence on purchasing
decisions, while partial product quality has a significant influence on purchasing decisions.
Simultaneously, both online customer review and product quality have a significant
influence on purchasing decisions. The coefficient of the determination value of 31% shows
the contribution of the independent variable to the dependent variable, while the remaining
69% is influenced by other factors not examined in this research.
Keywords: Online Customer review, Product Quality, and Purchase Decision

References

Faradita, P. A., Widjajanti, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). PENGARUH

ONLINE CUSTOMER REVIEW , HARGA DAN KUALITAS Penelitian ini bertujuan untuk

mengetahui seberapa besar pengaruh online customer review , harga , kualitas produk terhadap

keputusan pembelian melalui marketplace Tokopedia pada pengguna Tokopedia diko. Ilmu

Ekonomi, 21(2), 543–554.

Graciafernandy, M. A., & Almayani, R. N. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer

Rating dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee. POINT: Jurnal

Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 97–106. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1800

Kandori Iwan. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian

pada pelanggan di indomaret Tataaran Patar,Minahasa.

https://www.academia.edu/download/82141732/Artikel_Iwan_Kandori_1.pdf

Kurniawati, putri. (2017). Theory of Planned Behavior (implementasi perilaku electronic word of mouth

pada konsumen marekt place. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).

Lano, K. (2017). Class Diagrams. Agile Model-Based Development Using UML-RSDS, 20(03), 43–68.

https://doi.org/10.1201/9781315368153-8

Manongko Allen. (2018). Green Marketing ( Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned

Behavior ). In Manado: Yayasan Makaria.

https://scholar.google.com/scholar?cluster=12523730956137533844&hl=en&as_sdt=2005&scio

dt=0,5#d=gs_qabs&t=1744201182911&u=%23p%3DlBEkd_M6za0J

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi).

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450.

https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704

Pertumbuhan Pengunjung Shopee Sampai Kartal II, Databoks (2022).

Sari, fauzi purnama, Ekonomi, F., & Manado, U. N. (2024). Pengaruh Content Marketing,Program

Gratis Biaya Pengiriman, dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna

Marketplace Shopee.

Sofia, A. (2023). Pengaruh Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Maarketplace Shopee E Fabric (Studi Kasus Pada Konsumen E Fabric Di Kota

Semarang).

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tamboto, H. J. ., Manongko, A. C., & Kowaas, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Usaha Kerajinan Gerabah Di Desa Pulutan

Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 218–

https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v3i1.3974

Rooroh, R.A.,(2023). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNIMA. SEIKO : Journal of Management &

Business,6(1). https://DOI:10.37531/sejaman.v6i1.3745

Pongoh Sophia., (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Ekonomi Berbasis Hots. Jurnal

Pendidikan dan Konseling.https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13850

Taufik, A. B. A. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan kualitas produk terhadap keputusan

pembelian Marketplace Shopee (studi pada kasus Mahasiswa Manajemen Universitas

Perjuangan). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 1(3), 95–100.

https://melatijournal.com/index.php/jisma/article/view/35

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran

Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas

X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347.

https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Ulyati, W. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN

KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE

SHOPEE Untuk. Wahyu Chirul Ulyati, Skripsi FEB Univeristas Darul Ulum Islamic Centre

Sudirman Guppi (UNDARIS), 4(1), 88–100.

Wardana, M. A. (2014). Proses Keputusan Pembelian Konsumen. In Angewandte Chemie International

Edition, 6(11), 951–952.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Supit, C. L., Tanor, L. A. ., Ranti, D., & Winokan, A. . (2025). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 52–60. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11631

Issue

Section

Articles